Walikota Ungkap Sosok Akun Palsu

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG17.COM – Beredar informasi dari mengenai sebuah akun facebook palsu mengatasnamakan Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana. Atas hal itulah ia meminta masyarakat agar waspada atas keberadaan akun tersebut.

Eva juga meminta agar masyarakat tidak memberikan nomor telepon seluler terhadap akun-akun yang mengatasnamakan dirinya.

“Jangan pernah mudah memberi nomor handphone kepada orang yang tidak kita kenal. Apalagi mengatasnamakan Bunda pakai akun palsu,” kata Eva Dwiana, dilansir dari akun resminya, Senin (15/3/2021).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, akun-akun tuyul itu kerap beredar di jagat maya dalam sepekan terakhir. Modusnya, pelaku meminta nomor Whattsap kemudian meminta enam angka yang dikirim melalui pesang singkat SMS kepada calon korban.

Dapat disimpulkan, pelaku yang tidak bertanggung jawab itu berupaya untuk melakukan peretasan pada nomor Whatsapp sasaran korbannya. Oleh sebab itu, untuk mengambil alih akun itu, para pelaku kejahatan butuh enam digit kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel korban oleh WhatsApp.

Setelah nomor WA diambil alih, pelaku akan menipu para korban dengan meminta sejumlah uang atas nama pemilik telepon seluler.

Untuk diketahui, modus seperti ini marak terjadi. Adapun salah satunya seperti yang mengatasnamakan kasir sebuah toko minimarket.

Maaf ganggu, kami dari kasir Alfamart minta tolong sebentar, tadi ada pelanggan kami beli voucher game, kami salah input nomor sms nya terkirim ke nomor kakak. SMS dari WhatsApp yang ada tulisan Thailand nya kak, karena ada kode 6 angka kak untuk kode voucher game fishinggo kk,” demikian dilansir broadcast yang kerap beredar. (*)

banner 728x90

Pos terkait

banner 540x1080