Tumbuh Kembang Cupang Tergantung Suhu Air, Yuk Simak Penjelasannya!!

  • Whatsapp
ini cara mengukur suhu air pada ikan cupang
ini cara mengukur suhu air pada ikan cupang/ net

LAMPUNG17.COM – Ikan cupang yang dinilai dapat dibudidayakan dengan mudah, berapakah suhu yang tepat untuk membudidayakan sesuai dengan habitat aslinya?

Bagi para pecinta betta sp pemula, pertanyaan ini memang kerap terlintas saat ingin memelihara ikan cupang.

Bacaan Lainnya

Terlalu banyak pertanyaan yang kadang sulit menemukan jawabannya, atau banyak para pecinta ikan cupang pemula yang tidak memahami bahwa perlunya memerhatikan banyak hal pada perawatan cupang.

Tidak hanya pakan, salah satu yang terpenting adalah cara mengatur suhu yang tepat agar ikan cupang dapat terus hidup hingga mencapai usia 5 tahun bahkan lebih.

Rasanya, akan jadi sebuah pencapaian besar jika Anda dapat merawat ikan cupang Anda hingga batas usia maksimal hidup ikan cupang.

Membuat ikan cupang menemani Anda menjalani hari, merealisasikan mimpi dari rencana-rencana yang Anda susun rapi, menghadapi kenyataan, bahagia dan kecewa yang bergantian.

Menjadikan ikan cupang seolah saksi dari perjalanan hidup Anda selaam lima tahun masa kehidupannya di dunia. Salah satu cara memperpanjang umur ikan cupang, tentu dengan meniru habitat asli ikan cupang hidup.

 

Habitat Asli Ikan Cupang

Hidup dari laga atau rawa-rawa di hutan yang terdiri dari tanah basah berisi genangan air akibat drainase, ikan cupang yang dulu hanya sekedar ikan biasa yang tidak banyak dilirik karna tampilannya biasa saja saat ini sudah mendunia.

Bahkan, ikan cupang alam atau disebut juga cupang liar yang merupakan spesies alami ikan cupang tanpa ada proses perkawinan saat ini juga memiliki harga yang fantastis karna keberadaannya sudah langka.

Air di rawa-rawa tempat tinggal ikan cupang ini biasanya memiliki air yang keruh, diisi oleh tanaman-tanaman air, sebagian berupa tanah gambut serta memiliki stok makanan alami yang banyak untuk ikan cupang.

Selain bermanfaat bagi habitat asli ikan cupang, rawa-rawa memiliki banyak manfaat juga untuk seluruh makhluk hidup lain.

Seperti pencegah banjir karna dapat menampung air, sebagai pencegah intrusi air laut yaitu membatasi air laut merangsak masuk dalam tanah, sebagai sumber cadangan air, tempat wisata dan dapat membantu PLTA untuk penyediaan sumber daya listrik.

 

Suhu Air Ikan Cupang yang Tepat

Agar ikan cupang tumbuh dengan baik, Anda tentu perlu meniru habitat aslinya yang tak lain adalah rawa-rawa.

Anda tentu mesti memahami tingkat keasaman/pH air, kandungan klorin pada air yang digunakan, zat kimia lain, serta yang tidak kalah penting adalah suhu air yang baik untuk tumbuh kembang ikan cupang.

Suhu pada poin terakhir perlu diperhatikan sebab jangan sampai ikan cupang Anda merasa kedinginan atau merasa terlalu panas.

Air pada rawa-rawa memiliki suhu yang cenderung hangat, untuk menirunya Anda dapat menjaga air dalam akuarium pada angka 24, 5 sampai 27,5 derajat celcius.

 

Cara Menjaga Suhu Air Ikan Cupang

Untuk menjaga kestabilan suhu air yang hangat pada akurium, kolam atau wadah yang Anda gunakan untuk budidaya ikan cupang Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Jika suhu air memiliki derajat yang tepat, maka akan membantu ikan cupang Anda hidup aman, damai, dan terntram.

Ia bisa nyaman kesana-kemari memamerkan ekor cantiknya tanpa mengkhawatirkan akan mati membeku atau terkapar karna panas yang terlalu tinggi.

 

Gunakan Termometer

Sebelum memutuskan untuk menghangatkan air, cek terlebih dulu berapakah suhu awal di air akuarium ikan cupang Anda.

Gunakan termometer dan masukkan dalam air agar Anda dapat mengetahuinya secara detail tanpa menebak-nebak menggunakan perasaan saja.

Sesuaikan Lokasi Akuarium

Tempat dimana ikan cupang Anda disimpan dapat memengaruhi suhu air yang terdapat dalam akuarium.

Hadapkan akuarium Anda pada lokasi yang hangat, misalnya tidak terlalu dekat dengan lubang angin atau jendela.

Ketika menyimpannya, Anda bisa menggunakan termometer kembali untuk melihat berapa suhu pada setiap lokasi yang menjadi opsi penempatan akuarium Anda.

 

Gunakan Alat Pemanas

Jika pemindahan lokasi tak dapat membuat air akuarium ikan cupang Anda mendapat suhu air yang tepat, maka opsi yang paling tepat adalah menggunakan alat pemanas air.

Alat pemanas air ini banyak dijual di market place Indonesia dengan harga yang tidak terlalu mahal, tak sampai angka ratusan hanya puluhan ribu saja.

Letakkan alat pada akuarium ikan cupang Anda, lihat perubahannya menggunakan termometer. Pada beberapa kejadian, termometer juga kerap tidak akurat. Maka Anda dapat menggunakannya lebih dari satu.

Tak perlu membeli, bisa meminjam saja pada tetangga, keluarga, teman, sahabat, atau bisa juga pada mantan Anda jika ia memilikinya serta jika pacar Anda tidak cemburu.

Sangat disayangkan bukan jika Anda harus membeli untuk alat yang digunakan hanya sekali pakai saat itu saja, namun jika Anda memang memiliki uang yang banyak Anda tentu dapat membeli termometer yang banyak juga.

Penggunaan alat pemanas ini sangat berfungsi terutama bagi daerah-daerah dengan suhu yang dingin. Hal ini dibuktikan dengan semakin merebaknya petani betta pada daerah-daerah tersebut.

Ya, jadi jika Anda tinggal di tempat bersuhu dingin pun sudah bukan alasan tidak dapat membudidayakan ikan cupang di rumah Anda. (*)

 

banner 728x90

Pos terkait

banner 540x1080