Ini Teknik Memandikan Burung Lovebird yang Benar

  • Whatsapp
ini teknik memandikan burung lovebird yang benar
ini teknik memandikan burung lovebird yang benar/ net

LAMPUNG17.COM –¬†Popularitas burung jenis lovebird saat ini memang tengah booming di kalangan pecinta burung. Hal ini tentunya tidak terlapas dari pesona keindahan dan suara kiacau lovebird yang merdu. Selain itu, burung ini juga sangat mudah dilatih dan punya potensi menjuarai perlomabaan burung. Nah, untuk membuatnya tampil lebih memukau, Anda harus tahu cara tepat merawatnya. Salah satunya bagaimana cara memandikan burung lovebird dengan benar.

Selain untuk membuat lovebird terlihat lebih menarik, tujuan utama dari perawatan yang tepat dan benar adalah agar dapat membuat lovebird menghasilkan suara ngekek yang panjang dan gacor. Karena itu Anda harus menyimak ulasan cara memandikan lovebird berikut.

 

Cara Memandikan Burung Lovebird yang Benar

  1. Mandikan di Waktu yang Tepat

Sebaiknya Anda memamdikan lovebird pada pagi hari sebelum pukul 10:00 pagi. Anda bisa memandikan burung ini setidaknya 2 hari sekali saja saat sedang musim kemarau, dan seminggu sekali saat musim penghujan.

Jangan memandikannya setiap hari atau terlalu sering. Karena bisa menyebabkan burung tersebut kedinginan dan jatuh sakit. bahkan mereka berpotensi mudah mati karenanya.

Mengapa harus pagi hari? Karena seperti layakanya manusia, burung lovebird tidur di saat malam hari. Dan mereka perlu pembersihan badan di pagi harinya. Karena itu Anda memang harus mau meluangkan sedikit waktu di pagi hari untuk memandikannya.

 

  1. Mandikan Lovebird yang Birahi di Malam Hari

Jika lovebird sedang dalam masa birahi yang berlebihan, Anda bisa memandikannya pada malam hari diantara pukul 19:00-21:00. Untuk memandikannya, Anda bisa menggunakan penyemprot air atau pun keramba.

Tatapi sprayer lebih baik digunakan untuk memandikan lovebird. Karena lebih efisien dan mudah. Hal ini juga lebih membuat lovebird nyaman. Semprotkan sprayer dari bagian atas ke bawah agar air dapat mengalir merata ke seluruh tubuh burung lovebird.

Mengapa harus dimandikan pada malam hari? Menurut komunitas para pecinta burung, memandikan burung lovebird saat malam hari akan memberikan kesempatan pada burung ini untuk dapat bersenang-senang di pagi atau siang hari, tanpa ada gangguan mandi dari sang pemilik.

 

  1. Jangan Semprot Wajah Lovebird

Anda harus sangat berhati-hati saat memandikan lovebird dengan semprotan. Jangan sampai air dari semprotan mengenai bagian wajah lovebird. Terutama sekali jangan terkena bagian mata dan hidungnya.

Karena hal ini dapat mengakibatkan burung lovebird menjadi stres. Mereka juga bisa terkena demam yang mungkin akan sulit untuk disembuhkan. Jad perhatikan dengan baik cara memandikan burung lovebird yang benar itu seperti apa.

 

  1. Jangan Menggunakan Sabun

Beberapa hewan memang biasanya dimandikan dengan mnggunakan sabun. Contohnya saat kita memandikan kucing atau anjing. Karena sabun diyakini dapat mengangkat kotoran pada bulu hewan lebih maksimal. Namun hal ini tidak berlaku pada hewan unggas seperti burung lovebird.

Lovebird tidak perlu sabun untuk membantu membersihkan bulunya. Penggunaan sabun justru tidak baik bagi bulu lovebird. Dengan adanya kandungan sabun di dalam air, maka akan membuat bulu cantiknya mudah rontok hingga botak.

Jadi memandikan burung lovebird yang benar  dan baik adalah jangan pernah gunakan sabun jenis apapun untk memandikannya. Cukup gunakan air yang bersih saja.

 

  1. Biarkan di Dalam Kandang Sebelum Dijemur

Biasanya hewan yang telah dimandikan akan dijemur untuk membantu mengeringkan tubuhnya. Tetapi hal ini jangan Anda lakukan pada burung lovebird kesayangan. Sebaiknya Anda menunggu sekitar 10 menit sebelum menjemurnya. Jadi biarkan saja dulu lovebird berada di dalam kandang sambil memastikan sudah cukup banyak air yang menetes dari badannya.

Jika Anda langsung menjemur lovebird sesaat setelah selesai mandi, maka hal tersebut justru akan merusak bulu indah mereka. Bulu burung lovebird akan menjadi kusam dan menyebabkan kerontokan.

 

  1. Jemur Burung Lovebird di Bawah Sinar Matahari

Jika Anda merasa proses pengeringan di dalam kandang telah cukup, serta air dari badan burung lovebird tidak banyak menetes lagi, maka Anda bisa segera menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Hal yang perlu diingat, jemurlah burung lovebird di saat yang tepat, yaitu sekitar pukul 09:00 sampai pukul 10:00 pagi. Karena jika lewat dari itu, sinar matahari sudah sangat terik dan ini tidak baik bagi burung lovebird Anda.

 

  1. Mengkerodongkan Burung Lovebird

Setelah dimandikan dan telah dilakukan proses penjemuran untuk mengeringkan bulu lovebird, maka tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengkerodongkannya dengan kain. Tujuan dari pengkerodongan ini adalah untuk membuat burung lovebird dapat ngekek dengan suara yang panjang.

Saat Anda sedang mengkerodong burung lovebird, Anda bisa memanfaatkannya dengan memutar mp3 player dari handphone. Hal ini bisa memicu lovebird tersebut ikut ngekek dengan meniru suara yang didengar dari mp3 tadi. Karena biasanya burung yang habis mandi dan dikerodong akan lebih mudah bersiul panjang.

Itulah tujuh cara memandikan burung lovebird yang benar agar burung cantik peliharaan Anda semakin lincah, sehat, dan menarik. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Karena hal ini tdaklah sulit. Yang penting Anda tetap harus berhati-hati saat memandikannya. Semoga bermanfaat. (*)

 

banner 728x90

Pos terkait

banner 540x1080