Sampah Bandarlampung Menurun di Malam Pergantian Tahun

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG17.COM – Intensitas sampah di malam tahun baru menurun. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung mengungkapkan penurunan ini terjadi pada malam pergantian tahun baru 2021.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung, Sahriwansyah, mengungkapkan bahwa penurunan selaras dengan larangan perayaan tahun baru di kota setempat. Sehingga, dengan minimnya aktivitas di pusat kota membuat jumlah sampah yang dihasilkan menurun.

 

“Untuk sementara tahun baru di jalan, namun masyarakat di rumah saja. Berkaitan dengan itu sampah tidak terjadi lonjakan,” kata dia, Selasa (5/1).

 

Diperkirakan penurunan berkisar di angka 10 ton. Hal ini mengalami penurunan di malam perayaan pergantian tahun sebelumnya yang bertambah di angka 15-20 ton. Sementara dalam sehari, total sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung berkisar 700-800 ton per harinya.

 

“Saya perkirakan hanya 10 ton. Tahun lalu itu tambahan itu berkisar 15-20 Ton. Biasanya dalam sehari 700-800 ton perharinya,” ungkapnya.

 

Sahriwansyah juga mengungkapkan, di sejumlah daerah terdapat masyarakat yang menjadikan TPS dadakan. Namun pengakuannya masalah tersebut dapat teratasi.

 

“Saya menemukan beberapa tempat di daerah kedamaian yang bukan TPS dijadikan TPS pada saat itu. Untuk yang lain tidak begitu masalah, karena pada tanggal 31 desember itu saya luncurkan program 0 TPS. Jadi kita angkut pada saat itu juga semua,” pungkasnya. (njef)

 

banner 728x90

Pos terkait