Corona, Pemkot Sterilisasi Fasum, Lakukan Penyemprotan Masjid dan Pasar

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG17.COM – Pasca diumumkannya secara resmi satu pasien asal Bandarlampung dinyatakan positif Corona atau Covid-19, Pemerintah Kota Bandarlampung akan melakukan sterilisasi apada sejumlah fasilitas umum.

“Tadi rapat pak sekda selaku gugus tugas, kita akan melaksanakan penyemprotan di beberapa fasilitas umum baik itu terminal, masjid, pasar,” ujar Jubir Penanganan Corona Bandarlampung, Syamsul Rachman, Kamis (19/3).

Kepala BPBD Bandarlampung itu mengatakan bahwa sterilisasi fasilitas umum tersebut mulai dilaksanakan di hari esok, Jumat (20/3). Namun, diungkapkannya Pemkot saat ini masih cukup terkendala dalam masalah pendanaan serta peralatan yang cukup sulit didapatkan.

“Rencana besok, tapi kita menunggu peralatan yang cukup sulit dicari. Kita sudah ada perencanaan, kita ini dananya, mungkin dua atau tiga masjid dulu,” jelasnya.

Diketahui Pemeritah Kota Bandarlampung akan mengalokasikan anggaran khusus penanganan bencana Corona yang berasal dari anggaran tak terduga sebesar Rp5 miliar, serta anggaran dana rutin sebesar Rp2 miliar. Anggaran tersebut di luar anggaran APBD Dinas Kesehatan setempat.

“Dananya kita dana tak terduga. Tetapi alat dan obatnya, sudah mahal sulit dicari pula,” bebernya.

Selain itu, Pemerintah Kota Bandarlampung akan gencar melakukan sosialisasi terkait pencegahan dini penyebaran virus tersebut. Dalam hal ini camat dan lurah diminta berperan aktif untuk giat melakukan kampanye hidup sehat.  “Di dalam rapat tadi segera melaksanakan perintah. Pemda ada di masyarakat, kita ada di garda terdepan,” pungkasnya.(enj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *