Menara Al-Furqon Ikon Bandarlampung, Sebentar Lagi Bisa Dinikmati Masyarakat

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG17.COM – Pembangunan Menara Masjid Al Furqon yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, tampaknya tidak lama lagi bisa dinikmati masyarakat.

Menara yang memiliki ketinggian 114 meter ini, nantinya bisa dinaiki masyarakat dengan menggunakan lift, untuk melihat keindahan Kota Bandarlampung dari ketinggian. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) kota Bandarlampung, Ahmad Nurizki Erwandi saat meninjau secara langsung ke lokasi, Jumat (6/3).

Menurutnya, menara yang dibangun melalui APBD Kota Bandarlampung itu akan menjadi ikon termegah di pusat kota yang lokasinya berada di rumah ibadah umat muslim. Menara yang berada dibagian kiri masjid agung Al Furqon ini, pengelolaannya akan diserahkan kepengurus masjid.

“Ketinggian 114 meter itu mengambil ide dari Al Quran yang memiliki 114 surat. Tahap finishing ini akan dilengkapi lampu pencayaan yang terlihat lebih indah pada malam hari. Menara ini dilengkapi lift yang dibuka untuk umum. Lift akan membawa pengunjung hingga ketinggian 100 meter. Nantinya masyarakat umum bisa naik atau dijadikan tempat wisata, secara gratis,” ungkap Kiki -sapaan akrabnya.

Dari Pantauan di lokasi, ada tiga pekerja yang mengerjakan grounding listrik dengan kedalaman 12 meter. Beberapa pekerja lainnya terlihat memasang pengeras suara, instalasi listrik dan plapon. Untuk sementara, box lift belum terlihat bisa digunakan.

Menara setinggi 114 meter itu dibangun sejak tahun 2017 dengan anggaran sekitar Rp24,5 miliar. Direncanakan akan diresmikan Walikota Bandarlampung Herman HN pada Maret 2020. Untuk pengadaan liftnya menghabiskan dana sekira Rp4.5 miliar. (enj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *