Melalui RKPD, Tahun Depan Pemkot Kebut Pembangunan

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG17.COM – Diakhir masa kepemimpinannya sebagai Walikota Bandarlampung, Herman HN mengaku akan semakin gencar melakukan pembangunan, guna mengejar pembangunan yang selama ini belum terselesaikan. Hal tersebut diungkapkan dia pada saat Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 di Gedung Semergou, Kantor Pemerintahan setempat, Senin (2/3).

Walikota Bandarlampung, Herman HN mengatakan, RKPD merupakan penyelarasan rencana kerja pembangunan pemerintah Kota Bandarlampung dengan kemampuan keuangan pemerintah setempat. “Ini menuju e-planning, bagaimana kita semua (program kerja) harus sesuai dengan kemampuan daerah,” kata Herman HN.

Diungkapkan dia, Pemeritah Kota Bandarlampung pada 2021 mendatang akan fokus pada perbaikan jalan lingkungan, trotoar dan drainase. Sementara program unggulan berupa kesehatan dan pendidikan akan terus dipertahankan. “Ke depan saya akan banyak perbaiki jalan perkampungan, trotoar dan drainase. Tapi kesehatan dan pendidikan tetap,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan apa bila status SMA yang sebelumnya (wawenang) dialihkan ke pemerintah provinsi telah dikembalikan kepada pemerintah kota, maka program pendidikan gratis akan diterapkan kembali. “Pendidikan kalau SMA diserahin dengan surat peraturan presiden ke pemerintah kota, ya grats lagi. tenang saja, sampai kuliah juga kita biayai,” tegasnya.

Sementara Kepala Bappeda Bandarlampung, Khaidarmansyah, menjelaskan RKPD merupakan tahapan dalam menyusun APBD 2021. “Sebelumnya sudah ada Musrenbang kelurahan dan kecamatan. Nah ini mau diselaraskan dengan program rencana kerja mereka di 2021” jelasnya.

Khaidarmansyah mengungkapkan bahwa rencana kerja pemerintah setempat tetap bakal memprioritaskan sektor infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. “Kemudian masalah banjir, sampah dan lalu lintas. Ini semua akan kita anggarkan di 2021. Prioritas tetap infrastruktur, kesehatan dan pendidikan,” pungkasnya.(enj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *