Disdukcapil Luncurkan Webside, KTP, KK dan KIA Bisa Dilayani Jalur Online

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG17.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung terus melakukan pemutakhiran dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Bandarlampung. Salah satunya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandarlampung, yang telah melakukan peluncuruan program pelayanan berbasis online.

Dengan adanya pelayanan sistem online ini, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi untuk mengantri di loket pelayan, cukup mendaftar di website atau laman resmi disdukcapil.bandarlampungkota.go.id.

Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung Ahmad Zainuddin menjelaskan, layanan tersebut sudah bisa diakses secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Dispendukcapil Bandar Lampung dengan mudah dan praktis digunakan.

“Program pembuatan online ini sudah berjalan dua minggu, filosofinya ini sarana komunikasi yang positif kepada warga Bandar Lampung yang serius untuk membuat dokumen kependudukan silahkan buka web disitu. Insyaallah jika teknisnya dan dijalankan sesuai prosedur akan berjalan lancar,” kata Zainudin, diruang kerjanya, Jumat (7/2).

Selain untuk mendapatkan informasi tentang pembuatan KTP el, Akta dan KIA, kata Zainudin, masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran pembuatan dokumen di laman web tersebut. “Setelah mendaftar, dia bisa menunjukan langsung ke loket khusus online yang baru dua hari ini kita buat. Masa berlaku pendaftaran itu sampai 7 hari  kita tunggu, kalau lebih akan hangus sendiri,” jelasnya.

Nilai plusnya, masyarakat juga bisa bertanya melalui chating lewat aplikasi. Ini terobosan rangka memberikan kesempatan, ketepatan efisiensi dalam waktu sesuai dengan perkembangan teknologi, “Mau mendaftar lewat itu, mau mempertanyakan  atau memberikan saran silahkan untuk ke web. Akan dijawab adminnya 1 kali 24 jam,” ujar Zainudin.

Zainudin juga mengaku, sejauh ini akun yang masuk ke aplikasi online Disdukcapil sudag mencapai 3000. “Sudah cukup banyak yang masuk sudah 3.000an lebih. Yang bertanya soal, KTP el juga sangat bervatiasim ini efisiensi agar orang tidak bolak balik,” pungkasnya. (enj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *