KPU Bandarlampung, Minta Pencairan Anggaran Pilkada 2020 Dipercepat

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG17.COM – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di kota Bandar Lampung masih terus berjalan. Sampai saat ini Komisi Pemilihan Umun (KPU) kota Bandar Lampung, tengah menjaring Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Walikota dan wakil Walikota (Pilwakot) 2020 kota Bandar Lampung.

Ditemui usai menggelar audiensi bersama Walikota Bandar Lampung Herman HN, ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triadi mengatakan, saat ini pihaknya sedang menjalankan rekrutmen badan AdHoc yakni PPK. Menurutnya dalam regulasi yang ada, setelah perekrutan PPK. Pihaknya harus persiapkan perangkat sekretariatan yang diambil dari ASN pemerintah kota Bandar Lampung.

“Pada tahun lalu sekretariatan hanya ditetapkan, tetapi nanti setelah terbentuk keseretariatan PPK, kita akan lantik dan lakukan orientasi tugas dan bimtek, seperti pertanggungjawaban anggaran dan tahapan teknis, seperti pemutahiran data pemilih, logistik dan rekapitulasi, karena itu menjadi tugas bersama bukan hanya tugas KPU,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Dedy, terkait anggaran, karena tahapan ini sedang berjalan. Untuk anggaran 2019 itu baru dicairkan 1 milyar, sedangkan untuk tahapan 2020, pihaknya saat ini tengah menhajukan permohonan pencairan, dan itu sudah di usulkan hari ini. Karena menurutnya, apabila tidak ada anggaran, tahapan tidak bisa berjalan.

“Sudah kita sampaikan kepada walikota bahwa tahapan ini bergantung pada suporting dari komitmen NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah) agar pelaksana tahapan ini tidak terhambat karena ketidaksediaan anggaran. Ini sudah kita ajukan, dan kami harapkan agar segera diproses oleh pemda, tapi kita serahkan kepada pemerintah kota bergantung kemampuan,” kata dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *